ID VSI
ID VSI

Sabtu, 06 Februari 2010

Mitos atau Fakta (1): Seputar Berbagai Gejala Penyakit

Apakah Anda tiba-tiba sulit bernafas? Dada Anda tiba-tiba terasa sesak? Apa yang sebenarnya terjadi? Gejala penyakit apakah gerangan? Jangan asal menduga-duganya sendiri! Ada baiknya Anda simak beberapa mitos dan fakta berbagai gejala penyakit berikut ini.

Sesak nafas selalu berarti ada masalah dengan paru-paru Anda.

Tentu saja itu adalah fakta. Gejala kekurangan udara mengindikasikan ada sesuatu yang tidak bekerja dalam sistem pernafasan Anda. Tetapi masalah itu tidak selalu mulai dan berhenti di paru-paru Anda.

Jika jantung tidak bekerja dengan baik, maka jantung tidak dapat memompa darah ke arah depan. Artinya bahwa darah dapat menggenang di dalam paru-paru Anda, membuat zat yang kering dan lunak itu menjadi lembab. Akibatnya paru-paru tidak lagi dapat menukar udara.

Dalam banyak kasus, ketika Anda merasa sesak nafas, solusinya adalah menemukan dan memusatkan perhatian pada apa yang salah dengan jantung untuk membantu mengeluarkan darah dari paru-paru sehingga paru-paru dapat bekerja dengan baik.

Anda bisa merasakan bahwa Anda akan mendapat serangan jantung.

Hal itu adalah mitos saja. Setengah dari semua orang yang mengalami serangan jantung tidak pernah merasakan gejalanya, atau setidaknya mereka tidak pernah mengenali apa yang mereka rasakan sebagai gejala.

Permasalahannya adalah serangan jantung terjadi dengan cara yang berbeda-beda, dan rasa yang tidak nyaman dapat timbul dan hilang kembali. Hal tersebut membuat orang cenderung untuk menyalahkan penyebab lain, misalnya gangguan pencernaan.

Gejala-gejala yang paling umum adalah sebagai berikut :

  • Nyeri dada atau ketidaknyamanan seperti perasaan tertekan, sesak atau seperti diperas

  • Ketidaknyamanan pada tubuh bagian atas seperti pada salah satu lengan, punggung, leher, rahang atau perut

  • Hanya dapat bernafas dengan pendek

  • Keluar keringat dingin

  • Pusing-pusing

  • Keletihan luar biasa tanpa mengalami kurang tidur

Alasan rasa sakit atau ketidaknyamanan dapat begitu sulit dideteksi karena jantung itu sendiri tidak terasa sakit. Jantung tidak memiliki serabut sakit secara khusus. Syaraf jantung tidak langsung merasakan sakit. Tetapi, jika ada yang tidak beres dengan jantung, biasanya akan menjadi tidak terkendali dan menjalar hingga ke tulang belakang sehingga mengalami korsleting dengan syaraf-syaraf yang berhubungan dengan lengan atau dada Anda. Syaraf-syaraf inilah yang memancarkan rasa sakit yang muncul pada lengan, dada atau rahang tergantung dimana syaraf tersebut mengalami korsleting.

Obat terbaik bagi diare adalah menunggu.

Itu hanyalah mitos belaka. Diare biasanya disebabkan oleh infeksi yang mengeluarkan suatu racun yang melumpuhkan dinding usus kecil dan memungkinkan cairan bocor ke manapun yang dia mau. Itulah mengapa Anda merasa seperti sebuah pistol air ketika duduk di toilet.

Solusi terbaik tentunya dengan tidak membangun kemah di toilet dan menunggu infeksi diare sembuh dengan sendirinya. Atasilah dengan makan sup ayam dan nasi. Kombinasi dari nasi dan kaldu daging dapat melindungi sel-sel usus Anda dengan menyediakan gula yang sangat dibutuhkan sehingga dapat meminimalkan diare.

Bahkan mengkonsumsi tablet kalsium dapat juga menjadi obat yang manjur. Kalsium melambatkan seluruh gerakan otot sehingga membantu menjaga pembuangan kotoran agar tidak terdorong melalui pipa-pipa usus Anda.

Kurangi makan saat flu dan makanlah saat demam.

Itu adalah mitos yang salah. Apakah Anda sedang terkena flu atau demam, maka Anda harus makan secara normal. Yang paling penting bagi keduanya adalah perbanyak minum, terutama ketika Anda demam. Banyaknya air akan membantu membuang infeksi dari tubuh Anda. Dan jangan lupakan istirahat. Istirahat akan membantu kekebalan tubuh Anda untuk siap tempur kembali dan meredakan infeksi flu atau demam tersebut.

Sumber: www.sportindo.com

Fedri Mulyadi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

Status Halaman Ini

Followers

ID VSI

 

Copyright @ 2013 Berbagi Info.